Hanya sekedar berbagi, agar ilmu tetap abadi

Pengenalan Jaringan Komputer

1 komentar

Pengenalan  Jaringan Komputer


Sebelum membahas terlalu lebih dalam lebih baik saya memberi tahu dulu sedikit tentang jaringan komputer, mungkin dinatara kita sudah banyak yang tahu dengan jaringan komputer nah sekarang saya hanya mencoba untuk mengenalkan Jaringan Komputer tersebeut.


Menurut saya Jaringan itu adalah dua buah titik yang terhubung melalui koneksi, jika di ibaratkan kedalam kehidupan sehari-hari jaringan itu seperti jaring laba-laba yang mana jaring laba-laba tersebut bisa menghubungkan dua buah benda yang saling berjauhan atau memiliki jarak, dalam jaringan kita harus memiliki minimal 2 buah komputer, dua unit komputer bisa dikatakan terkoneksi jika keduanya bisa saling bertukar data/ informasi, berbagi resource yang dimiliki, seperti file, printer, media penyimpanan ( Harddisk, Floppy disk, Flashdisk, Dll).



Didalam jaringan komputer dikenal sistem koneksi antar mode (komputer), Yakni :
1. Peer to Peer Peer artinya rekan kerja. Peer to Peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer. Peer to Peer adalah suatu model dimana tiap PC dapat memakai resource pada PC lain atau memberikan resourcenya untuk dipakai PC lain, dengan kata lain dapat berfungsi sebagai Client maupun Sever.


 Gambar 1.1 : Peer to Peer

2. Client-Server
Sistem ini tidak saja bisa digunakan pada jaringan lokal, tapi juga bisa diterapkan dengan teknologi Internet dimana ada suatu Unit Komputer yang berfungsi sebagai server yang hanya memberikan layanan bagi komputer lain, dan Client  yang juga hanya meminta layanan dari server.


Jenis Layanan Sever-Client antara Lain : 
  • File Server     : Memberikan layanan Fungsi pengelolaan File
  • Print Server   :  Memberikan Fungsi pencetakan
  • Database Sever  : Proses-proses fungsional mengenai database dijalankan pada mesin ini dan stasiun lain dapat minta pelayanan.
  • DIP (Document Information Processing)  :  Memberikan Pelayanan Fungsi Penyimpanan, Manajemen, dan Pengambilan Data .
  

Gambar 1.2 : Model Client-Server dengan sebuah Server

Jenis-Jenis jaringan Komputer
 Secara Umum Jaringan komputer terbagi menjadi 3 jenis, yaitu : 
  • Local Area Network ( LAN)
LAN adalah sebuah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umunya dibatasi oleh area lingkungan, seperti sebuah kantor pada sebuah gedung, atau setiap ruangan pada sebuah sekolah.


 Gambar : LAN (Local Area Network)

  • Metropolitan Area Network (MAN)
Sebuah MAN biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar gedung dalam suatu daerah (wilayah seperti Provinsi atau Negara Bagian). Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar.




  Gambar : MAN (Metropolitan Area Network)

  • Wide Area Network (WAN)
WAN adalah jaringan yang biasanya sudah menggunakan media Wireless, sarana Satelit, ataupun kabel-kabel optic, karena jangkauan yang lebih luas , bukan hanya meliputi satu kota atau antar kota dalam suatu wilayah, tetapi mulai menjangkau area / wilayah otoritas negara lain. 


Gambar : WAN (Wide Area Network)

Sumber : Buku Pengatar Jaringan Komputer Oleh : Melwin Syafrizal

1 komentar :

  1. Tugasnya sudah saya periksa,
    mohon di tambah lagi bahannya
    serta di baca dan dipelajari.
    Terimakasih !

    BalasHapus

Sebagai Pengunjung yang baik, mari kita budayakan berkomentar, Terimakasih !!