Hanya sekedar berbagi, agar ilmu tetap abadi

PERBEDAAN STRCMP DENGAN STRCPY

1 komentar
Kedua fungsi ini memang sama-sama terletak didalam Prerpocessor <string.h>, meskipun begitu kedua fungsi/ script ini memiliki fungsi yang berbeda. 
1. STRCMP
STRCMP (string comparation) merupakan salah satu fungsi yang ada dalam Preprocessor string.h. kegunaan dari fungsi ini adalah untuk membandingkan dua string, dan akan menghasilkan bilangan bulat (int), akan menghasil nilai 0 jika kedua string yang dibandingkan tidak ada perbedaan atau sama, dan akan bernilai bilangan bulat lainnya jika antara string1 dan string2 memiliki perbedaan.
Berikut ini adalah contoh nya :
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
#include <string.h>
void main()
{
 int hasil;
 char str1[15], str2[15];
 cout<<"input string1      =";cin>>str1;
 cout<<"input string2      =";cin>>str2;
 hasil=strcmp(str1,str2);
 cout<<"hasil perbandingan         ="<<hasil;
}
Bisa kitalihat pada gambar diatas pada string 1 kita inputkan nilai 10 dan string 2 juga kita menginputkan nilai 10 maka hasil perbadingan nya adalah 0 karena tidak ada perbedaan. lihat juga gambar dibawah ini.
Pada gambar diatas kita inputkan nilai string 1 adalah 3 dan nilai string 2 adalah 5 maka hasil perbadingannya adalah -2.

       2. STRCPY
STRCPY (string copy) juga merupakan salah satu fungsi yang ada dialam Preporcessor string.h. fungsi strcpy ini adalah untuk mengcopy atau penyalinan string.
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
#include <string.h>
void main()
{
 char str1[25];
 char str2[25]="Say Hello to World";
  strcpy(str1,str2);
  cout<<"String 1           ="<<str1;
}
Jika script ini kita running kita akan bisa lihat kata yang akan dikeluarkan oleh string 1 sama dengan pada string2, karena str1 akan menyalin kata dari string2.

1 komentar :

Sebagai Pengunjung yang baik, mari kita budayakan berkomentar, Terimakasih !!