Hanya sekedar berbagi, agar ilmu tetap abadi

CARA MENGINSTAL SCANNER

10 komentar
Pengertian Scanner 
 Pemindai. Alat ini dapat dipakai untuk membaca sebuahd o ku me n yang tertulis pada sebuah kertas, dengan cara melewatkan pendeteksii ma g e pada kertas tersebut(scan). Selain membaca image atau gambar, beberapa scanner mampu mengambilteks dari kertas. Alat ini merupakan alat optis yang dapat mengkonversikan citra sepertifoto ke dalam bentuk digital supaya dapat disimpan atau diubah diko mp u t e r. Di si nidipakai berbagai metoda pemantulan melalui filter R, G, B mendigit citra menjadi serangkaianpi xe l. EF S- 1 memakai rangkaian citra dua dimensi, sedangkan scanner umumnya memakai rangkaian satu dimensi (linier) yang digerakkan (discan) melalui suatu obyek. Pada scanner datar, obyek terletak tak bergerak diatas panel kaca saat rangkaian linier melewati (umumnya di bawah) obyek. Pada Scanner Sheet Feed, pencitraanya diam, tapi obyeknya (foto atau kertas) yang bergerak melewati rangkaian linier. Scanner tangan memakai alat rangkaian citra yang bisa dipegang dan didekatkan serta digerakkan sepanjang obyek yang ingin discan. Jika kita ingin mengambil informasi dari sebuah buku dan ingin memperbanyak biasanya
kita sering menggunakan mesin foto copy atau lewat alat scanner computer. Tapi biasanya membutuhkan waktu yang agak lama apalagi buku yang akan dicopy / cetak jumlahnya berlembar-lembar. Namun bagaimana jika proses scan / copy sebanyak 200 lembar hanya dalam 1 menit? Nah, seorang insinyur di Universitas Tokyo, telah mengembangkan sebuah mesin yang menggunakan kamera kecepatan tinggi dan beberapa sensor khusus, yang mampu scanning 200 halaman dalam satu menit. Dan hebatnya lagi, pada alat ini terdapat software 3D khusus yang berfungsi mendatarkan lengkungan buku pada saat di scan.

CARA MENGINSTAL SCANNER

1. Pada posisi scanner sudah menyala, jika scanner sudah di konekkan dengan komputer maka komputer mendeteksi ada device baru yang belum di kenal dengan di tandianya munculnya gambar yang bertuliskan wellcome to the found new hardware wizard. Disana akan terdapat pilihan, anda pilih yes, this time only kemudian next.

2. Pilih install the Software automatically (Remmendedd).

3. Sebelum klik next masukkan terlebih dahulu CD drivernya. Setelah memasukkan CDnya dan klik next maka akan muncul sebuah gambar yang bertuliskan Pleace Select The Best Match For Yuor Hardware From The List Below.

4. Proses install akan berjalan secara otomatis, namun dalam tahapan tertentu kita diminta untuk mengisi nama user dan organisasi. Dan pada Lecencing Agreement pastikan kita menjawab dengan I Agree atau I Accept, yang artinya kita setuju untuk menginstal scanner tersebut.

5. Setelah itu akan muncul gambar dengan tulisan Completing The Found New Hardware Wizard.

6. Klik Finish. Kemudian instalasi diproses dan setelah selesai akan muncul gambar Congratulasion! Yang menandakan kalau proses Instalasinya sudah berhasil.
Pengoperasian Mesin Scanner

Sebelum menjalankan mesin scanner, pastikan dahulu kabel scanner yang sudah disediakan, terhubung antara mesin scanner dengan komputer, pada komputer melalui port USB. Selain itu pastikan software driver untuk scanner sudah terinstall. Apabila setelah software driver diinstall, selanjutnya mengaktifkan software driver ke device manager dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Klik start > control panel > klik icon “Caere scan manager” akan muncul halaman
tampil sebagai berikut.
b. Halaman “caere scan manager 5.1”, akan berisi icon “Add Scanner”. Icon tersebut
kemudian di-klik.
c. Akan muncul halaman pilihan jenis-jenis pabrik dan type scnanner.


d.  Klik tombol scan seperti diatas dan biarkan jangan diganggu atau dihentikan selama
proses scanning


e.  Setelah proses scanning selesai muncul tampilan halaman sebagai berikut.



f. Untuk dapat disimpan dalam bentuk file tertentu maka icon clear harus di-klik
g. Kemudian klik menu file > save as

10 komentar :

  1. Terima kasih atas informasinya.

    BalasHapus
  2. makasih gan :) akhirnya saya bisa menjalankan scannerku :D

    BalasHapus
  3. Ini yg ane cari. Thanks infonya gan. ...

    BalasHapus
  4. Terimakasih ilmunya, membantu sekali gan, scanner ane sudah ready sekarang

    Mampir gan
    Sewa Mesin Fotocopy

    BalasHapus
  5. Ini all merek scanner gan ??

    BalasHapus
  6. Ini all merek scanner gan ??

    BalasHapus
  7. saya punya scanner fujitsu fi-6225LA, namun saya kehilangan cd drivernya. bagaimana caranya agar scanner bisa difungsikan

    BalasHapus

Sebagai Pengunjung yang baik, mari kita budayakan berkomentar, Terimakasih !!